selamat datang di blog ini. Untuk membantu perkembangan blog ini anda tidak perlu mengeluarkan tenaga tetapi anda cukup klik iklan yang ada di blog ini. Terima kasih yang sudah mengklik iklan di blog ini....Jika anda menjumpai link adf.ly tunggu 5 detik laluklik SKIP AD/ LEWATI di pojok kanan atas....
semoga blog ini bermanfaat dan mohon maaf bila iklannya mengganggu anda...
Loading
klik iklan di bawah ini untuk keluar

mungkin hal ini yang anda perlukan :

Senin, 14 Maret 2011

Sel dan Fungsinya

Lebih dari 100 triliun sel yang terdapat dalam tubuh manusaia merupakan struktur hidup yang dapat mempertahankan hidupnya untuk jangka waktu yang tidak terbatas dan sebagian besar keadaan,bahkan dapat berkembang biak sendiri,menyediakan air disekitarnya dengan bahan yang sesuai.

SUSUNAN SEL

Sel mempunyai dua bagian utama yakni nukleus dan sitoplasma. Nukleus dipisah dari sitoplasma oleh membran nukleus.Sitoplasma di pisahkan dari cairan sekelilingnya oleh membran sel.
Substansi –substansi yang turut membentuk sel secar keseluruhan disebut dengan protoplasma.Protoplasma ini terutama terdiri atas lima bahan dasar yaitu: Air,elektrolit,protein,lipid dan karbohidrat.
AIR merupakan medium pokok atau utama bagi sel,yang terdapat pada sebagian besar selain sel-sel lemak.
ELEKTROLIT yang paling penting didalam sel adalah kalium,mangnesium,fosfat, sulfat, bikarbonat dan sedikit natrium, klorida dan kalsium. Konsentrasi tertentu elektrolit di dalam intraseluler menentukan dan mengatur aktifitas berbagai reaksi yang dikatalis secara enzematik,yang diperlukan untuk metabolisme sel.
PROTEIN yang dalam keadaan normal jumlahnya kira-kira 10 sampai 20% dari masa sel .Protein dalam sel berupa enzim dan protein struktural LIPID yang paling penting dalam sel adalah fosfolipd dan kolestrol. Lipid ini dalam sel untuk membentuk membran sel karena lipid ini tidak larut dalam air. Selain lipid tersebut pada sel lemak banyak mengandung trigliserida yang juga disebut sebagai lemak netral. Lemak netral ini dalam sel lemak berfungsi sebagai energi cadangan dalam tubuh dan dapat dipergunakan bila diperlukan oleh tubuh.
KARBOHIDART berperan utama dalam nutrisi sel,karbohidrat sedikit sekali berperan dalam fungsi struktural sel.

STRUKTUR SEL

Sel tidak hanya beriisi cairan,enzim,dan bahan-bahan kimia,sel juga mengandung struktur-struktur fisik yang sangat terorganisir yang disebut sebagai organel. Beberapa organel dan stuktur sel yang utama, yaitu membran sel,membran nukleus,ritikulum endoplama, aparatus golgi,mitikondria,lisosom.

Membran
Pada dasarnya semua organel sel dibungkus oleh membran yang terutama terdiri atas lipid dan protein.Lipid pada membran membentuk sawar yang dapat mencegah pergerakan bebas air dan bahan yang larut dalam air dari satu ruang sel ke ruang sel yang lain,sedangkan protein membentuk suatu jalur khusus untuk lintasan bahan-bahan khusus melalui membran.

Membran sel

Membran sel yang menyelubungi sel merupaka stuktur elastis tipis,tebalnya 7.5 sampai 10 nanometer.Membran sel terdiri dari lipid,protein dan sedikit karbohidrat. Membran berfungsi sebagai yaitu: memberikan bentuk pada sel,melekatkan sel dengan sel yang lain, sebagai pintu gerbang dari dan ke sel (sawar ),sebagai penerima pengaturan dari sekitar tubuh dan mengatarkan tanda ini kedalam sel (reseptor) dan ikut sebagai reaksi kekebalan.

SITOPLASMA

Sitoplasma dipenuhi oleh partikel-partikel dan organel-organel berukuran besar dan kecil yang berkisar dari beberapa nanaometer sampai makrometer.lima macam organel yang sangat penting yaitu ritikulum endoplasma,aparatus golgi,mitikondria dan preokosom.

Ritikulum endoplasma
Granula endoplasmik ritikulum (ribosom) melekat pada permukaan luar sebagian besar ritikulum endoplasik,yang berfungsi mensintesis protein dalam sel.
Angranula ritikulum endoplasmik berfunsi dalam sintesis subtansi lipid dan berbagai proses enzimatik dalam sel.


Ribosom
Ribosom bisa bebas dalam sitoplasma ( ribosom bebas) atau melekat pada membran retikulum endoplasmik. Ribosom mensintesis protein untuk dipakai sel itu sendiri.

Aparatus golgi
Fungsi utama aparatus golgi adalah memproses bahan-bahan yang telah dibentuk di dalam retikulum endoplasma,aparatus golgi juga memiliki kemampuan mensintesis karbohidrat yang tidak dapat dibentuk dalam ritikulum endoplasma.

Mitokondria
Memiliki fungsi untuk memproduksi energi ( ATP). Funsi ATP ini yaitu: sebagai trenspor membran,sintesis senyswa kimia dalam sel dan sebagai kerja mekanis.

Lisosom
Lisosom disebut sebagai organ pencernaan sel,khususnya mencerna struktur sel yang rusak dan bahan-bahan yang tidak di inginkan oleh tubuh misalnya bakteri.

Peroksisom
Dalam fisik merip sama dengan lisosom,memiliki fungsi yang beda. Peroksisom sebagai detoksikasi racun,misalnya alkohol.


NUKLEUS

Nukleus merupakan pusat pengaturan sel mengandung sejumlah beser DNA,yang sering disebut dengan gen.Gen menentukan karakteristik protein sel,termasuk enzim-enzim yang mengatur aktivitas sitoplasma. Nukleus memiliki membran yang disebut dengan membran nukleus atau selubung inti.Membran ini mempunyai pori-pori cukup besar hampir berdiameter 100 nanometer.sehingga memungkinkan sejumlah molekul dengan berat 44000 dapat melewatinya. Nukleus sebagian besar sel memiliki satu atau lebih anak inti yang disebut nukleoli.Nukleolus tidak seperti organel lainnya,nukleolus tidak mempunyai membran pembatas,nukleoli hanya merupakan suatu struktur yang mengandung sejumlah besar RNA dan protein dari jenis yang ditemukan di dalam ribosom

Pengaturan Gen
Setiap gen,merupakan sebuah asam nukleat yang disebut dengan asam deoksiribonukleat (DNA),yang secara otomatis mengatur pembentukan asan nukleat lain yaiti asam ribinukleat (RNA),yang menyebar di seluruh sel dan mengatur pembentukan sebuah protein spesifik yaitu protein strutural yang berkaitan dengan pembentukan berbagai struktur organel intraseluler dan enzim yang berkaitan dengan metabolisme sel.

FUNGSI SEL
Sebagai barier yang selektif
Untuk melakukan aktivitas metabolik
Sel berisi meteri hereditas
Comments
0 Comments

0 comments:

Poskan Komentar