Saturday 5 February 2011

Nutrisi Yang di Butuhkan Atlet

Seorang atlet baik atlet sepak bola ataupun atlet renang membutuhkan penampilan yang prima dalam setiap pertandingan yang dilakukannya. Untuk mendapatkan fisik dan tampilan yang prima seorang atlet harus mendapatkan asupan nutrisi yang pas sesuai dengan beban yang mereka dapatkan.

Kandungan nutrisi dalam makanan antara seorang atlet tidak sama dengan orang biasa, karena beban yang mereka terima tidak sama. Kebutuhan nutrisi seorang atlet harus selalu diperhatikan karena prestasi seorang atlet akan sangat ditentukan oleh nutrisi yang mereka terima.

Atlet Indonesia belum semuanya memperhatikan masalah nutrisi dan pola makan yang harus benar-benar dijaga. Beda dengan atlet luar yang sudah terpola baik makanan maupun asupan nutrisinya sehingga mereka akan mempunyai fisik dan stamina yang lebih baik.

Apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh seorang atlet dan harus selalu diperhatikan dalam mengkonsumsinya? Berikut nutrisi-nutrisi yang harus diatur oleh seorang atlet:


1. Karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi bagi seorang atlet. Karbohidrat terdiri dari dua macam yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana biasa di sebut dengan glukosa, kelebihan glukosa akan menyebabkan lemak dalam jaringan otot dan hal tersebut sangat dihindari oleh banyak atlet.
2. Lemak. Lemak merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh atlet yang memerlukan energi untuk melakukan aktivitas olahraga yang memakan waktu lama. Contohnya adalah atlet lari jarak jauh dan atlet maraton. Atlet tersebut membutuhkan durability atau ketahanan fisik yang lama dan lemak menyediakan kebutuhan tersebut melalui asupan makan yang banyak mengandung lemak.
3. Protein. Protein mengandung nitrogen, sulfur dan zat besi sedangkan molekul dasar dari protein adalah asam amino. Protein berguna untuk membesarkan otot bagi para atlit selain itu juga bermanfaat untuk mengatur asam basa dalam tubuh.

Pada saat atlit menggunakan protein sebagai sumber tenaga, berarti tenaga yang didapatkan dari karbohidrat sudah terpakai. Sehingga untuk altit yang membutuhkan endurance lama dan beban yang berat kebutuhan protein harus benar-benar menjadi perhatian.