Saturday 19 November 2011

Awas!!!! Karburator Jamuran

Awas !!! Ternyata tidak hanya kulit yang bisa jamuran tetapi karburator pun bisa jamuran. Hal ini telah terjadi pada karburator non orisinil yang pada bagian dalamnya terdapat bercak-bercak putih. Melihat hal ini kita tak boleh diam. Karburator mesti dibersihkan karena bila tidak takutnya bercak putih-putih yang menempel di karbu bisa membuat buntu lubang yang ada. Kinerja karbu dalam mensuplai bahan bakar dan udara akan terganggu.

Jamur bisa menutup lubang kecil-kecil dikarbu saat bensin mengenainya dan ikut luntur hingga terbawa bensin masuk ke dalam lubang-lubang kecil ini. Sedikit-sedikit bila dibiarkan akan menumpuk dan menutup lubang-lubang karbu hingga buntu.

Untuk itu dalam membeli karbu yang non orisinil alangkah baiknya bila dibuka lebih dahulu, pastikan tidak ada jamur atau kotoran. Bercak putih pada karburator terjadi karena pada paduan aluminiumnya ada terlalu banyak pemberian senyawa garam (natrium flourida dan atau fosfor chlorida) saat proses peleburannya. Karena terlalu banyak garam yang larut tidak sempurna, maka keluarlah bercak-bercak putih. Lebih parah bila flouridanya berlebih akan muncul bercak putih dan gelembung air (lembab). Intinya jangan asal beli karburator.

Cara membersihkan Jamur di Karburator :
Bersihkan dengan disemprot dulu pakai cairan pembersih seperti WD40. Setelah disemprot langsung bersihkan bercak putih-putih ini pakai kuas. Kalau masih tetap susah gunakan sikat kawat baja. Usahakan jamur sampai hilang. Untuk bagian lubang-lubang bisa disemburkan udara bertekanan. Tekanan udara ini diharapkan bisa mengusir jamur keluar dari lubang.