Thursday 17 November 2011

Google Luncurkan Layanan Musik Terbaru, Ada Gratisan bagi yang Download Tiap Hari


Google Inc meluncurkan layanan musik online baru pada Rabu. Para pemerhati menyatakan, layanan baru ini diposisikan dalam bergerak untuk menantang dominasi pemimpin pasar toko musik online sebelumnya, Apple Inc dan Amazon.com Inc.

Jutaan fitur layanan baru lagu-lagu dari label rekaman EMI, Sony Music, dan Universal, disediakan. Tetapi, mereka tidak akan menyediakan musik dari Warner Group.

Google, yang memperkenalkan layanan pada sebuah acara di Mr. Brainwash Studios di Hollywood, California pada Rabu, mengatakan konsumen di Amerika Serikat akan dapat membeli musik melalui Android Market, yang menawarkan aplikasi smartphone, buku elektronik dan video.

Untuk mendongkrak pemasaran, Google mengatakan akan menawarkan satu lagu gratis bagi konsumen yang men-download lagu setiap hari.

Google juga akan memungkinkan konsumen untuk berbagi lagu-lagu yang dibeli dengan teman-teman mereka melalui jaringan sosial Google +. Fitur ini akan memberikan pengguna Google + apa yang mereka sebut free, full-play, membagi lagu-lagu yang dibeli terbatas pada teman-teman mereka.

Analis mengatakan layanan terbaru berupa penjualan musik online akan secara signifikan mengangkat pendapatan Google. Mereka mengatakan Google perlu untuk berada di pasar ini untuk memastikan bahwa Android bisa mengimbangi apa yang ditawarkan pesaing mereka, seperti Apple dan Amazon.

"Tanpa layanan musik, perangkat Android seperti ponsel dan tablet tidak tampak sebagai menarik bagi konsumen," tulis CNN.