Monday 25 April 2011

Honda New Mega Pro vs Yamaha Byson

PT. AHM selaku ATPM motor Honda telah menghadirkan Mega Pro terbarunya, dengan harga cukup kompetitif bahkan lebih murah dibanding pesaing terdekatnya Yamaha Vixion. Sebenarnya lawan yang sepadan dengan Honda Mega Pro terbaru ini bukanlah Vixion tapi Yamaha Byson yang sebentar lagi juga akan keluar. Karena spesifikasi Yamaha Vixion masih lebih banyak keunggulanya dibanding Mega Pro, seperti rangka sudah delta box sedangkan Mega Pro masih model lama, lalu injeksi pada Vixion membuat tenaganya lebih besar dibanding Mega Pro yang masih karburator. Sehingga harganya pun lebih mahal Vixion (Rp20jutaan) ketimbang Mega Pro (Rp19,5 juta) yang masih fresh.

Prediksi PT. YMKI akan mengeluarkan motor sport baru bernama Byson pun sudah sangat meyakinkan karena pada facebook Yamaha Indonesia sudah membuka kran inden 200 pembelian pertama motor jenis sport terbaru Yamaha dengan background hewan bison. Cara ini tentu untuk menghambat pasar Mega Pro yang barusan dilaunching saat IIMS lalu. Sekarang mari kita komparasikan kedua motor laki yang bakal bertarung habis-habisan di pasar motor sport kelas menengah ini.

Honda New Mega Pro


Motorsport yang lebih dulu keluar di India dengan nama Unicorn Dazzler ini meskipun kapasitas mesinya diturunkan menjadi 150cc doang tenaganya tetap terjaga sebesar 10,1KW atau sekitar 13PS lebih karena mengusung teknologi terbaru Honda. Dengan desain lebih modern ketimbang model lawas, Honda sepertinya memang sudah tidak bersifat konservatif seperti era lama, banyak sentuhan baru di motor “Primus” ini seperti bentuk lekuk tangki yang sporti banget tidak kayak model lama yang terlihat cupu, penambahan air scoop yang sebenarnya menurutku keliatan kebesaran, pemasangan batok lampu yang mulai ngetren lalu paling kentara pada suspensi belakang yang sudah mono shock meninggalkan era lama double shock.

Harga yang ditawarkan pabrikan sayap mengepak ini kelihatan sangat murah karena sudah diturunkan 1juta dibanding Mega Pro lama. Selain itu, jika dibandingkan dengan Yamaha Vixion juga tetap lebih murah New Mega Pro 1juta. Tetapi entah nanti Yamaha Byson bisa lebih murah atau tidak dari Honda New Mega Pro.

Inilah spesifikasi lengkap Honda New Mega Pro:

Harga : Rp 19.500.000,- (OTR Jakarta)
Tipe mesin : 4 langkah, OHC, pendinginan udara
Kapasitas mesin : 149,2 cc
Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
Daya Maksimum : 10,1 kW / 8.500 rpm
Torsi Maksimum : 12,8 Nm / 6.500 rpm
Panjang X lebar X tinggi : 2.050 x 757 x 1.075 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.313 mm
Jarak terendah ke tanah : 152 mm
Berat kosong : 136 kg
Tipe rangka : Pola Berlian (diamond steel)
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Tunggal (monoshock) dapat di setel keras dan lembut
Ukuran ban depan : 80/100 – 17 M/C 46P – Tubeless
Ukuran ban belakang : 100/80 – 17 M/C 55P – Tubeless
Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
Rem belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Kapasitas tangki bahan bakar : 12,0 liter
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis : Manual, Multiplate Wet Clutch
Gigi Transmsi : 5 kecepatan
Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5
Starter : Pedal & starter elektrik
Aki : MF 12 V – 5 Ah
Busi : NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9
Sistem Pengapian : DC – CDICDI

Yamaha Byson



Jika dilihat dari bentuk tangki motor, Yamaha Byson kelihatan lebih berotot dari pada Honda Mega Pro karena adanya lekuk-lekuk khas motor aliran streetfighter sejati, padahal sebenarnya volume tangki sama-sama 12 liter. Bentuk knalpot yang lebih gemuk juga kelihatan lebih asyik dilihat ketimbang milik Mega Pro yang masih biasa-biasa saja.

Jika di India motor ini dinamai Yamaha FZ berkapasitas 153cc dibuat 2 model yaitu neked bike n semi fairing yang dinamai Fazer. Pihak YMKI belum ngasih info model mana yang akan dipakai buat Yamaha Bison ini. Kalau menurutku sih sebaiknya dikeluarin semua model karena dua-duanya sama kerenya, gimana? Pada setuju kan… :D

Teknologi dari motorsport keluaran pabrikan garpu tala ini sebenarnya masih konvensional sama kayak pada Mega Pro seperti rangka motor underbone n mesin masih karburator, sehingga harganya pasti lebih murah ketimbang Vixion, bahkan bisa lebih murah* dari Honda New Mega Pro. Tenaga yang dikeluarkan Byson 14PS ternyata lebih gede dari pada Mega Pro, tapi masih dibawah Vixion (14,88PS). Tapi bisa jadi kehadiran Yamaha Byson justru mengeruk pasar Yamaha Vixion karena lebih terjangkau n lebih simpel perawatanya.

Ini dia spesifikasi lengkap Yamaha Byson:

Harga : Rp19.900.000,- (OTR Jakarta)
Mesin : Air-cooled, 4-stroke, SOHC, 2-valve
Kapasitas : 153.0cc
Bore & Stroke 58.0 × 57.9mm
Rasio kompresi : 9.5:1
Tenaga maksimum : 14PS / 7500 rpm
Torsi maximum : 14 N.m / 6000 rpm
Ignition type : C.D.I. with 3 dimension digital
Primary/secondary reduction ratio 3.409 / 2.857
Transmisi : 5-speed
Gear ratio 1st=2.714 2nd=1.789 3rd=1.318 4th=1.045 5th=0.875 Cylinder layout Single Cylinder
Panjang × Lebar × Tinggi : 1,970mm × 770mm × 1,085mm
Wheelbase : 1,335mm
Ground clearance : 160mm
Berat : 135 kg
Fuel tank volume : 12 liters
Engine oil volume : 1.2 liters

Penampilan Fisik

Penampilan Honda New Megapro dan yamaha Byson Boleh dibilang merupakan sebuah Lompatan desain yang dilakukan oleh kedua pabrikan yang seakan lepas dari kungkungan desain konvensional seperti headlamp bulet, spidometer analog dll. Honda New Megapro Tampil sangat Fress dan Guanteng bahkan hal-hal detail kecil macam lampu sen pun diganti . . . dan satu lagi Pelat nomer polisi di spatbor belakang punya lampu sendiri . . .moge style. Honda mencoba menampilkan tampilan Garang dengan Headlamp street fighter dan shroud besar . .. ini dipercantik oleh pesona kaki-kaki belakang nan jenjang yang diperkuat aura monoshok dan rem cakram belakang. sepertinya cukup Pas kalo yang facenya cukup metropolis yang ditunjuk jadi Brand ambasador produk ini.

Yamaha Byson . . . kalo Orang yang biasa lihat Moge . . .pasti langsung bilang bahwa ni adalah Miniatur FZ seriesnya yamaha yang sangat mengedepankan detail seni, lekukan dan muscle. Mindset yang mau dbentuk oleh yamaha atas kehadiran Byson ini adalah Fressh dan Kekar . . . Gak Hanya bagian body saja yang menunjang kekekaran ini. Beberapa Part seperti Sok depan 41mm yang diklaim paling besar se-Indonesia, mid-ship mufler ala Moge, penggunaan Spatbor Kolong dan penggunaan Ban lebar cukup menunjang tampilan kekar ini. Nah sekarang pilihan kembali di lempar ke konsumen

Mesin dan Performanya

Honda New Megapro dan Yamaha Byson keduanya dibekali mesin 1 silinder 2 klep SOHC. Menurut Klaim Pabrikan Untuk Honda New Megapro Daya max 13,7 ps (13.512 hp) @8500 rpm dan torsi max 1,31 kgf.m ( 12, 846 NM ) @6500 rpm yang sepertinya diukur di shaft sedangkan Menurut Klaim Yamaha . . . Yamaha Byson memiliki Power max 10,1 KW (13.544 hp)@7.500 rpm dan torsi max di 13,5 NM @6000 rpm Dari data-data ini terlihat bahwa keduanya memiliki sifat performa yang berbeda, New Megapro memiliki band power dan torsi yang runut dan teratur, hal ini tentu akan memudahkan bagi pengendara awal untuk mencobanya, ini plus ditambah fakta di jalan bahwa RPM Mesin cukup linear dengan power yang dimuntahkan, sedangkan yamaha Byson memiliki peak di RPM yang lebih rendah, menunjukan bahwa sifat performa mesin yang cenderung agak rush walau tidak terlalu signifikan. . . cocok buat city ride yang mengedepankan torsi, akan tetapi bagi pengendara pemula bisa jadi agak sedikit butuh penyesuaian dengan karakter mesin seperti ini, cmiiw

Fakta Dijalan saat dilakukan test ride New Megapro dan Byson, terlihat bahwa Honda New Megapro lebih responsif dibanding Yamaha Byson. Ada beberapa kemungkinan penyebab fakta lapangan ini yakni Desain Internal enjin New Megapro yang telah saya ulas tersendiri dalam satu artikel terdahulu yang berjudul Kenapa New Megapro lebih responsif” ini pun ditengarai pula oleh penggunaan Ban yang berprofil lebih lebar dan berat Oleh Yamaha Byson serta penggunaan Katalitik Konverter tepat di bawah mesin yang notabenanya juga memperkecil power to weight Ratio Byson.

Akan tetapi melihat Fakta Bahwa keduanya masih menggunakan sistem pengabutan ala Karburator, keduanya memiliki potensi performance yang terpendam, Honda New Megapro bisa dimulai dengan mengganti Karbu dengan ukuran 28 dan penggantian Knalpot Racing, atau yamaha Byson yang bisa dimulai dengan membeli Racing Kits buatan Daytona Dagrex. Keduanya pun memiliki sistem pendinginan yang berfokus di busi untuk menambah efesiensi performa, Honda New Megapro dengan Double air jacket dan Yamaha Byson dengan Air RAM systemnya

Kedua motor ini mengadopsi 5 ingkat percepatan. Untuk mengikuti kemauan Konsumen Indonesia, Kedua motor dilengkapi dengan Kick starter. Tuas Gear di kaki kiri sudah mengadopsi dua titik tumpu yakni untuk tekan-congkel di depan dan tekan di bagian tumit . . . lagi-lagi ditengarai untuk kepuasan konsumen indonesia (soale di India cuma model congkel doang). Feeling perpindahan Gear Byson mirip dengan Vixion yang jarang miss, sedangkan Feeling perpindahan Gear new Megapro mirip juga dengan saudaranya Megapro lama dan Tiger.

Pengenai performa pengereman keduanya memiliki kelebihannya masing-masing dimana New Megapro menawarkan proporsi pengereman yang tepat antara remdepan cakram 2 piston dan rem cakram belakang cakram 1 piston, kombinasi ini cukup aman untuk mengerem laju New Megapro. Sedangkan Byson sepertinya memang berfikiran bahwa rem depan adalah variabel yang lebih utama, bro dapat rasakan feel pakemnya rem depan Byson ini lumayan banget.

Riding Style

Honda New Megapro dan Yamaha Byson memiliki riding style yang berbeda. New Megapro masih mengedepankan riding style yang sama dengan para pendahulunya, ini dibuktikan dengan penjelasan dari fihak internal Honda bahwa segitiga ergonomi New Megapro sama pleq dengan segitiga ergonomi Old megapro. Riding Style New Megapro yang lumayan umum dan konserfatif menurut saya lebih mudah di lahap oleh para pengguna baru motor sport dan umumnya rider, sedangkan Byson yang menggunakan setang lebar mengedepankan ergonomi unik ala naked Bike FZ seriesnya Yamaha.