Monday 25 April 2011

Komparasi 3 Skutik : Honda Scoopy vs Yamaha Mio Soul vs Suzuki Skydrive

Meskipun pasar sepeda motor nasional masih didominasi jenis bebek, tapi motor model skutik tetap bergairah bahkan trendnya terus meningkat. Motor yang dulunya cuman dipakai ibu-ibu buat ke pasar, kini semua golongan pada doyan ngendarai motor-motor matic ini. Gak sah pake basa-basi langsung saja bahas komparasi trio jepun yang dari dulu sudah “gontok-gontok” rebutan kue pasar motor nasional. Tiap merek ternyata mempunyai ciri khas tersendiri yang bikin para skutikholic bisa memilih aliran mana yang paling disukai.


Honda Scoopy


Diantara kedua merek lain, Honda paling berani menampilkan model retro classic buat skutik terbarunya ini. Meskipun di thailand Yamaha sudah mempunyai skutik retro classic, tapi Yamaha Indonesia dari dulu sepertinya belum “senekat” Honda menjual skuter gaya klasiknya. Spesifikasi Honda Scoopy sebenarnya sebelas-duabelas dengan para pendahulunya si Vario dan Beat. Seperti fitur keamanan kunci kontak berupa magnet otomatis (auto secure keys shutter), tuas pengunci rem, dan standar samping otomatis. Mesin yang dipakai pun masih sama persis dengan Vario dan Beat yang bertenaga 8,28PS pada 8000RPM. Sehingga tidak ada hal baru di bagian jeroan mesin dan kaki-kaki Honda Scoopy ini.

PT. Astra Honda Motor selaku ATPM motor Honda hanya mengedepankan style tampilan body yang benar-benar beda ketimbang skutik yang sudah ada. Warna yang disediakan pun bergaya retro modern sayang pilihanya hanya 3 warna: classic white, retro pink, vintage violet, padahal Honda Scoopy Filipina sangat beragam warna-warnanya. Selain motor bergaya klasik, helm Honda Scoopy standarnya pun didesain retro punya dengan warna-warna cerah juga. Harga Honda Scoopy dibuat lebih mahal dikit diatas Yamaha Mio Soul yaitu Rp13,5 juta (on the road Jkt).

Berikut spesifikasi lengkapnya:

Harga : Rp 13.500.000,- (on the road)
Panjang x lebar X tinggi : 1.844 x 699 x 1.070 mm
Jarak sumbu roda : 1.240 mm.
Jarak terendah ke tanah : 150 mm.
Berat kosong : 94 kg. (tipe CW)
Tipe rangka : Tulang punggung (Underbone)
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan sokbreker tunggal
Ukuran ban depan : 80/90 – 14 M/C 40P
Ukuran ban belakang : 90/90 – 14 M/C 46P
Rem Depan : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal Rem Belakang : Tromol
Kapasitas tangki bahan bakar : 3,5 liter.
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC
Sistem pendinginan : udara dengan kipas Diameter x langkah : 50 x 55 mm.
Volume langkah : 108 cc.
Perbandingan kompresi : 9,2 : 1
Daya maksimum : 6,09 kW (8.28 PS) / 8.000 rpm.
Kopling : Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Transmisi : Otomatis, V-Matic
Starter : Electric starter & kick starter
Aki : MF battery, 12 V – 3 A.h
Busi : ND U24EPR9, NGK CPR8EA-9
Sistem pengapian : DC – CDI,
Battery Karburator : VK22x1
Torsi maksimum : 8,32 N.m (0.85 kgf.m) / 5.500 rpm.

Yamaha Mio Soul

Untuk menghadang motor-motor matik Honda yang makin beragam, Yamaha Indonesia tetap mengedepankan ciri khas mereka yaitu aliran sporty. Angka penjualan Mio yang belum terpatahkan merek lain hingga kini, membuat PT. YMKI selaku empunya Yamaha Indonesia tetap PeDe alias percaya diri mematok harga Mio Soul tidak jauh berbeda dengan skutik-skutik Honda yaitu sebesar Rp13,45 juta terpaut Rp50ribu dari Honda Scoopy.

Dengan kapasitas mesin lebih besar, tentu tenaga yang dikeluarkan Mio Soul pun lebih gede ketimbang Scoopy yaitu sebesar 8,9PS. Tapi jika membandingkan konsumsi bbm jelas lebih boros dari pada Honda Scoopy meskipun lebih irit dari Suzuki Skydrive. Kelebihan Yamaha dibanding lainya pada warna dan desain striping bodi motor yang sangat banyak dan cantik-cantik, sehingga konsumen pun mempunyai banyak pilihan warna yang bisa dipilih.

Ini dia spesifikasi lengkapnya:

Harga : Rp 13.450.000,- (on the road)
Panjang x Lebar x Tinggi : 1,820 x 675 x 1,050 mm
Tinggi Tempat Duduk : 745 mm
Jarak Antar Roda : 1,240 mm
Jarak Ke Tanah : 130 mm
Kapasitas Tangki : 3,7 Liter
Berat Kosong : 87 Kg
Tipe Mesin : 4 Langkah, SOHC 2-Klep
Pendingin Udara AIS (Air Induction System) EURO 2 Ready
Diameter Langkah : 50.0 x 57.9 mm
Volume Silinder : 113.7 CC
Perbandingan Kompresi : 8.8 : 1
Power Max : 6.54 Km (8.9 ps) / 8,000 rpm
Torsi Max : 7.84 Nm (0.88 kgf.m) / 7,000 rpm
Sistem Pelumasan : Wet Sump
Oli Mesin : 0.9 Liter
Karburator : NCV24x1 (Keihin)
Transmisi : V-Belt Otomatis
Kopling : Kering, Sentrifugal Otomatis Caster / Trail : 26.5 derajat/ 100 mm
Rasio Gigi : 2.399 – 0.829
Sistem Starter : Kick & Electric
Tipe Rangka : Steel Tube
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Teleskopik
Rem Belakang : Drum
Ban Depan : 70/90-14MC 34P
Ban Belakang : 80/90-14MC 34P
Rem Depan : Hydraulic Single Disc

Suzuki Skydrive

Sebagai pengamat otomotif, rasanya agak kasihan melihat penjualan motor Suzuki yang masih kalah jauh dari Yamaha dan Honda. Padahal produk-produk yang ditawarkan punya kelebihan tersendiri lo, seperti semua skutik mereka dipasok mesin dengan kapasitas 125 cc tapi harganya lebih murah dari produk-produk Yamaha dan Honda, tapi kok ya masih kalah lo. Tapi pihak PT. Indomobil pun tidak pernah menyerah, meskipun penjualan Spin dan Skywave kurang menyenangkan, Suzuki menelurkan produk barunya yang berharga di tengah-tengah antara Spin dan Skywave yaitu Suzuki Skydrive.

Dengan harga Rp13,2 juta jelas jauh lebih murah dibanding Yamaha Mio Soul apalagi Honda Scoopy. Selain mempunyai kelebihan kocek paling murah, tenaga mesin pun paling beringas. Tapi sayang disain model yang cenderung kurang sporty apalagi warna-warna yang dipakai terlalu “konservatif” alias terlalu biasa, sangat jauh jika dibandingkan dengan Mio Soul, sehingga harus puas jika penjualanya tetap kalah dari Yamaha Mio Soul.

Spesifikasi lengkap Skydrive:

Harga : Rp 13.200.000 (on the road)
Panjang Keseluruhan : 1.900 mm
Lebar Keseluruhan : 655 mm
Tinggi Keseluruhan : 1.050 mm
Jarak Antara As Roda : 1.265 mm
Berat Kendaraan : 108 kg
Mesin : 4 langkah, SOHC
Sistem Pendingin : Pendingin Udara
Kapasitas Silinder : 124 cc
Nilai Kompresi : 9.6 : 1
Daya Maksimum : 6.9 kW/7500 rpm
Torsi Maksimum : 9.6 Nm/6500 rpm
Karburator : MIKUNI BS26
Sistem Starter : Listrik dan engkol
Kopling : Kering, otomatis, tipe sentrifugal
Rangka : Under bone
Suspensi Depan : Teleskopik, per spiral, peredam oli
Suspensi Belakang : Lengan ayun, per ulir, peredam oli
Rem Depan : Cakram hidrolis
Rem Belakang : Tromol
Ukuran Ban Depan : 80/90-14 M/C 40P
Ukuran Ban Belakang : 90/90-14 M/C 46P