Friday 28 October 2011

Android 4.0 Ice Cream Sandwich


Akhirnya setelah beberapa waktu menunggu kehadiran generasi terbaru OS Android, yaitu Android 4.0 Ice Cream Sandwich kini terjawab sudah. Secara resmi Google telah merilis Android 4.0 untuk umum yang ditandai dengan dipostkan software development kit (SDK) Android 4.0 Ice Cream Sandwich di website resmi Android. Dan mulai sekarang SDK tersebut sudah dapat di download secara gratis dan digunakan bahkan dikembangkan lagi secara luas. Dan kabar ini tidak hanya menjadi kabar gembira bagi teman-teman pengembang Android yang telah menunggu rilis Android Ice Cream Sandwich ini, tetapi juga menjadi kabar gembira bagi teman-teman Geeks. Kabar gembira bahwa sebentar lagi teman-teman dapat merasakan OS Android ICS di smartphone atau tablet yang teman-teman miliki.


Beberapa fitur baru banyak ditambahkan Google pada generasi terbaru OS Android ini. Seperti support dengan teknologi NFC yang memungkinkan pengguna untuk berbagi apa saja secara otomatis dengan fitur Beam Android. Fitur Beam Android juga dapat dikembangkan lagi oleh pihak developer ke aplikasi yang tengah mereka buat atau kembangkan. Fitur lain adalah tampilan Task Manager pada fitur multi-tasking & recent Apps yang diubah lebih menarik, tampilan notifikasi baru yang menarik, dan lain sebagainya.

Selain fitur-fitur menarik tersebut, di paket SDK Android 4.0 Ice Cream Sandwich juga terdapat beberapa kemampuan sensor, seperti sensor suhu dan kelembaban. Kemampuan sensor ini tentunya menjadi keunggulan sendiri bagi pengembang aplikasi cuaca untuk Android yang tak perlu lagi bergantung pada remote thermometers atau barometer untuk mengetahui kondisi cuaca di lokasi tertentu. Dan seperti yang dikabarkan sebelumnya, Android 4.0 Ice Cream Sandwich spesial dibangun untuk digunakan di cross device atau bisa digunakan pada smartphone dan tablet.