Wednesday 26 October 2011

Rilis iPhone 5: Fitur-Fitur Apple iPhone 5


Sebagai generasi ke-5 dari iPhone, ponsel ini telah ditunggu-tunggu peluncurannya. Banyak penggemar dan pengguna iPhone bertanya-tanya, fitur inovatif apakah yang akan Apple hadirkan untuk iPhone generasi ke-5 nya ini ? Meski Apple secara resmi belum mengungkapkan fitur dan spesifikasinya sampai ponsel ini diluncurkan, namun kita bisa menebak beberapa fitur utama yang ada pada iPhone 5. iPhone 5 dikabarkan memiliki chip prosesor A5, layanan iCLoud, resolusi kamera yang lebih tinggi, dengan ukuran layar 4-inch. Berikut beberapa fitur dari iPhone 5 :

iOS 5
Apple mengumumkan iOS 5 dengan berbagai fitur nya selama acara WWDC 2011 yang digelar pada tanggal 6 Juni 2011 yang lalu. Antar muka pada iOS 5 ini didasarkan pada konsep manipulasi langsung dengan menggunakan gesture multi-touch yang diharapkan hadir dengan lebih dari 200 fitur baru yang menyertakan News Stand, iMessage dan juga sistem notifikasi yang telah ditingkatkan.

iMessage adalah sebuah aplikasi yang terintegrasi dengan aplikasi sms/mms yang dibangun untuk menyaingi Blackberry Message (BBM) dimana aplikasi ini mengijinkan iPod Touch, iPhone, dan iPad user untuk berkomunikasi seperti halnya layanan chat.

iCloud
iPhone 5 diharapkan memiliki layanan iCLoud yang terbaru untuk mengakses musik dari semua komputer dan device mobile dengan remote wireles. iPhone 5 dapat langsung sinkron dengan iCloud secara otomatis, dimana user dapat menyimpan foto, aplikasi, calendar, dan dokumen2 tanpa harus menyimpannya pada memory telepon. Apple berharap dapat bekerja sama dengan perusahaan label musik ternama untuk mendapatkan lisensi musik pada layanan iCloud nya ini.

Dikabarkan juga, bahwa Apple mungkin merilis iCloud-iPhone yang low-cost bersamaan dengan iPhone 5, yang kemungkinan akan dinamakan iPhone mini. iPhone mini atau iPhone nano kemungkinan memiliki memory yang lebih kecil dari pada iPhone (8 GB). Apple tidak akan melarang user untuk menyimpan content mereka sendiri pada ponsel mereka, tapi jika user tidak memiliki memory yang cukup , Apple dengan senang hati akan menyediakan layanan MobileMe.

Prosesor A5
iPhone 5 akan dilengkapi dengan processor A5 sebagai prosesor utama, dimana secara teknik A5 merupakan chip prosesor yang sama dengan iPad 2. A5 memiliki dual-core ARM Cortex-A9 CPU dengan akselerator NEON SIMD dan dual-core PowerVR SGX543MP2 GPU, yang berarti iPHone 5 dapat mengerjakan 2 hal sekaligus dalam satu waktu. Kecepatan prosesor kemungkinan berkisar diantara 1.2 GHz sampai 1.5 GHz dengan RAM sebesar 1GB.

A5 dihadirkan tidak hanya untuk meningkatkan kecepatan prosesor ponsel, namun juga untuk bersaing dengan Samsung Galaxy S II yang baru saja diluncurkan.
Chip A5 ini kemungkinan dapat lebih mengefektifkan dalam penggunaan power. Dikabarkan bahwa chip ini memiliki managemen power yang dinamis yang dapat mengurangi kecepatan prosesor tergantung dari beban kerja ponsel sehingga dapat lebih menghemat power.

Peningkatan Kamera
Seperti yang telah kita ketahui, iPhone 4 telah mendukung kamera dengan kekuatan 5 Megapixel, sehingga kemungkinan iPhone 5 akan memiliki kamera 8 MP dengan dual-Led flash kamera. Peningkatan kamera ini bukanlah sesuatu yang mengagumkan karena banyak smartphone Android yang lebih dulu memiliki kamera 8 MP. Namun disamping itu, iPhone 5 diharapkan memiliki kamera depan untuk video chatting.

Berdasarkan dari sebuah sumber, Apple telah mengajukan beberapa paten aplikasi kepada paten US dan Office Trademark untuk dapat menghasilkan foto 3D pada bulan Maret mendatang. Hal ini mengindikasikan bahwa iPhone 5 kemungkinan akan memiliki fitur kamera 3D dimana kamera ini mampu memotret dan memproses foto menjadi 3D dengan dual-camera nya.

Fitur menarik lainnya adalah iPhone 5 akan mampu memotret gambar panorama dengan cara kerja yang sama dengan aplikasi ’360 Panorama’ pada App store, dimana aplikasi ini memungkinakan Anda untuk memotret rangkaian-rangkaian foto dengan cara memindahkan kamera dari satu sisi ke sisi yang lain, foto2 tersebut kemudian dapat Anda gabungkan untuk menciptakan satu gambar panorama

Selain itu, jika Apple benar-benar ingin bersaing dengan Android, maka sebaiknya Apple meningkatkan resolusi video recroding nya menjadi 1080p full HD dimana saat ini video recording iPhone 4 hanya 720p dengan 30 frame per detik.

video iPhone 5



Tampilan dan Resolusi
iPhone 5 memiliki resolusi layar yang lebih baik dibanding dengan iPhone 4 dimana iPhone 4 memiliki lebar layar 3.5inch. beberapa sumber menyebutkan bahwa Apple mungkin akan tetap menggunakan lebar layar 3.5inch untuk iPhone 5, tetapi sumber yang lain mengatakan bahwa iPhone 5 akan memiliki lebar layar 4inch dengan resolusi yang lebih tinggi. Namun sepertinya iPhone 5 akan memiliki lebar layar antara 3.7inch sampai 3.75 inch.



Bagaimanapun juga, iPhone 5 akan hadir lebih lebar dan lebih tipis dengan dimensi 4.33″ x 2.36″, ketebalan 0.27″ pada bagian atas dan 0.21″ pada bagian bawah, sedangkan dimensi iPhone4 adalah 4.5″ x 2.31″ x .37″

Fitur-fitur lain iPhone 5
Berikut ini beberapa fitur lain yang kita harapkan dapat hadir pada iPhone 5 :


  • keamanan untuk deteksi wajah (face recognition security)
  • support dengan 4G/LTE – berdasarkan bocoran dari dokumen AT&T, Apple iPhone 5 akan menawarkan 4G dan kompatibel dengan jaringan LTE (Long Term Evolution). LTE adalah sebuah proyek 3GPP (3rd Generation Partnership Project) yang merupakan standart terbaru pada teknologi jaringan mobile.
  • desain body sleeker yang baru
  • layar OLED
  • layar anti gores
  • sinkronisasi wireless dengan iTunes
  • extended batery
  • Flash suport
  • SIM-Less-Phone – berdasarkan International Bussines Time, dirumorkan bahwa iPhone 5 memiliki layanan baru desain SIM-les dengan 2-3 atena internal agar kompatibel tidak hanya untuk GSM tapi juga CDMA, yang mejadikan iPhone 5 sebagai “worldphone”.
  • keyboard phisical
  • Ram yang lebih besar (dari 512Mb menjadi 1GB)
  • tampilan Multi Tasking yang baru
  • Audio HD
  • Built in dengan GPS
Beberapa fitur diatas merupakan peningkatan fitur yang kita harapkan dapat hadir pada iPhone 5, namun tidak ada kepastian apakah semua fitur diatas akan hadir pada iPhone 5. Apple benar-benar ingin bersaing melawan smartphone Android khusunya HTC dan Samsung, mungkin inilah alasan mengapa iPhone 5 akan hadir dengan fitur-fitur yang menawan.