Friday 28 October 2011

Kiat Memasang pelek Motor Sport Ke Bebek

Motor bebek memang punya pelek palang variasi ukuran tersendiri tapi kalangan hypercrea kurang puas soalnya kurang lebar jadi kurang mantaps….!! So banyak yang meminang pelek palang variasi milik motor sportuntuk dipasang di bebeknya. Nah, ada beberapa kiat untuk memasang pelek ini seperti.


Pelek Sport Tapak Lebar
Ukuran 250-17, 300-17 sebenarnya konsumsi untuk sport 160 cc keatas macam Mega Pro, Byson, tiger, dan Scorpio. Mengingat gaya elegan mengalami ketergantungan dalam pemakaian pelek ini, maka bebek makin marak mengaplikasinya. Bagaimana cara menyiasatinya saat diaplikasi di bebek? Secara spesifik, diameter as roda bebek 12 mm dan tiger 17 mm.


Cara pemasangannya juga sama, sediakan bushing dengan lubang dalamnya sama dengan as roda bebek 12 mm. panjang total bushingnya, juga sesuaikan dengan jarak posisi bearing pada pelek variasi Tiger. Selanjutnya bubut sisi luar kedua ujung bushing. Agar bisa dijadikan dudukan bearing tiger dan as roda orsi bawaan motor tetap terpakai.


Kesalahan Pemasangan Bushing, Putaran Roda Menjadi Seret
Putaran roda seret atau berat, jangan dikendorkan terus setelan remnya, berlaku usai menginstal pelek balok. Sumber permasalahannya sisi luar bushing dibubut dan nancap di bearing kurang lebar. Akibatnya, saat baut mur as roda dikencangkan, kedua bearing tertekanoleh bushing dan putaran roda jadi berat. Kalau mengalami hal seperti ini, silahkan tambah bubutan sisi luar bushing yang akan dijadikan dudukan bearing.


Menyeting Simetris Roda Depan Belakang
Kelar merangkai ban, tinggal menentukan posisi simetris roda depan belakang. Di sini juga penting untuk memanfaatkan bushing. Bagian roda depan dulu, tak perlu berpedoman pada persamaan panjang pendek bushing, lebih baik pakai pedoman kerataan sisa jarak ban dengan inner tube dok depan antara sisi kanan dan kiri.


Kalau pengaturan ukuran bushing roda belakang, utamakan simetrisnya gir depan dengan gir belakang. Kalau sampai posisi roda terlalu ke kiri tapi gir depan belakang simetris, cukup ganjal gir belakang dengan ring.
Dengan begitu posisi ban roda bisa digeser ke kanan, sesuai dengan penambahan ring. Dan ikuti merubah panjang pendek bushing. Dan dalam pembuatan bushing ini, perhatikan juga lingkar dalam sil sil yang selalu berpasangan dengan bushing.

Sumber : Tabloid Ototrend