Monday 12 December 2011

Kebanyakan Makan Cake, Bulu Wanita Makin Lebat

Beberapa hal menjadi sumber keluhan wanita, ada berat badan berlebih juga lebatnya bulu-bulu di bagian tubuh tertentu. Bagi yang mengalami, pasti jengkel dan ingin tahu penyebab sebenarnya.

Tenang saja, Anda tidak sendiri mengalami kejengkelan tersebut. Dalam survei online perusahaan riset Mintel pada bulan lalu, lebih dari 2.000 wanita mengalami kerisihan akan banyaknya bulu di tubuh.

Tak mengherankan bila ini menjadi masalah kedua setelah berat badan. Bahkan diperkirakan, satu dari sepuluh wanita mengalami pertumbuhan bulu berlebih di wajah dan bagian lain tubuhnya.

Selain faktor keturunan seperti umumnya diketahui, ternyata asupan gula dalam jumlah besar turut memicu pertumbuhan bulu di tubuh menjadi lebat.

"Makan sejumlah besar gula, karbohidrat olahan seperti biskuit dan cake dapat memicu tumbuhnya bulu di tubuh secara berlebihan," kata Dr Rina Davison, endokrinologi dari Rumah Sakit Universitas Whipps Cross, London.

"Makanan ini memiliki indeks glikemik tinggi, yang berarti mereka melepaskan energi dengan cepat dan dapat menyebabkan resistensi insulin," terangnya, seperti dilansir Dailymail, Senin (12/12/2011).

Insulin adalah hormon yang mengontrol tingkat gula darah. Adanya resistensi menyebabkan hormon menjadi kurang efektif dalam menurunkan gula darah.

"Masalahnya, peningkatakan kadar insulin memicu faktor pertumbuhan yang membuat ovarium menghasilkan terlalu banyak hormon testosteron. Ini yang dapat menyebabkan rambut-rambut di tubuh tumbuh berlebihan," tandas Marilyn Glenville, ahli kesehatan wanita dan ahli gizi.

sumber