Tuesday 6 December 2011

Terapi High Heels

Ternyata pemakaian high heels setiap hari bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan pada kaki. Sebut saja, lapisan kulit menebal atau kapalan yang biasa terjadi pada ujung jari-jari kaki, kemudian kaki bengkak yang bisa menjadi radang, lalu beban tubuh yang berpusat di kaki bagian tumit, serta stress pada kaki. Dan yang lebih parah lagi, high heels juga dapat menyebabkan cedera pada otot kaki, nyeri sendi punggung, sampai masalah yang lebih kompleks seperti sakit pada tulang telapak kaki.

Salah satu penyakit yang umumnya diderita wanita penggemar sepatu hak tinggi adalah yang dikenal dengan nama hallux valgus. Penyakit ini merupakan perubahan struktur telapak kaki dimana tulang ibu jari kaki menyimpang ke arah luar dan dapat menyebabkan infeksi. Solusi penyembuhannya tidak lain dengan jalan operasi.

Namun Anda tak perlu khawatir, pakar kesehatan kaki mengatakan, sepatu ber-high heels boleh saja digunakan, tetapi jangka waktu pemakaiannya hendaknya dibatasi. Jika Anda harus tetap memakai high heels, setiap dua jam sekali istirahatkan kaki. Selain mengatur waktu jeda pemakaian high heels, Anda juga bisa melakukan perawatan yang disebut high heels therapy. Seperti apakah therapynya?

Berikut adalah terapi hak tinggi (high heels therapy), yang cukup sederhana karena menggunakan bahan-bahan segar alami dan sangat mudah didapat.

Pencucian Kaki : Kaki dicuci bersih, lalu direndam dalam air panas suam-suam kuku yang sudah dicampur garam lavender dan minyak essential tetry. Tujuan dari proses ini untuk mencuci kaki dari kuman-kuman, serta menghilangkan bau kaki.

Scrub : Tahap ini berfungsi untuk mengangkat kotoran-kotoran pada kulit kaki. Bagi mereka yang berkulit sensitif, scrub dianjurkan menggunakan campuran kemiri dan oak. sedangkan mereka yang berkulit normal bisa menggunakan dari campuran kemiri dan beras merah. Kemiri yang mempunyai sifat pelembap digunakan untuk menjaga kelebapan kaki. Scrub dilakukan selama 10-15 menit.

Massage : Setelah di-scrub dan kaki dibersihkan, tahapan selanjutnya adalah pemijatan yang berguna untuk mengendurkan otot dan peredaran darah. Pemijatan menggunakan minyak zaitun dan essence oil. Pemijatan dilakukan selama 15-20 menit.

Masker : Tahap akhir terapi high heels adalah pemakaian masker kaki. Masker yang digunakan terbuat dari campuran asam jawa dan jahe. Pencampurannya bisa dengan ditumbuk atau diproses dengan blender. Asam digunakan karena sifatnya mendinginkan, mengimbangi jahe yang dapat memberi efek panas. Perlu diingat : Demi mempercepat proses pembuatan adonan masker, serta menjaga agar masker tidak berantakan adalah dengan membungkus kaki yang sudah dilumuri masker. Diamkan selama 15-20 menit. Anda akan merasakan sensasi kehangatan dan dingin yang bersatu. Berasa sangat nikmat sekali pada tahap wrapping (membungkus) ini pada keseluruhan kaki, kecuali telapak kaki.

Dan berikut adalah tips untuk menjaga agar kaki sentiasa sehat :

1. Jika Anda ingin melakukan terapi ini di rumah, pilih bahan-bahan yang terbaik. Misalnya untuk jahe, pilih jahe yang sudah tua agar Anda mendapatkan manfaat efek hangat yang pas.

2. Lakukan terapi sesering mungkin, karena bahannya alami sudah tentu tidak ada efek samping.

3. Gunakan high heels pada saat tertentu saja, misalnya ketika datang ke pesta.

4. Ketinggian hak pun cukup yang relatif saja, seperti 5-7cm sehingga resiko cedera kaki menjadi kecil.

5. Ada baiknya begitu selesai beraktivitas, sebelum tidur, kaki diangkat lebih tinggi dari tubuh untuk melancarkan sirkulasi darah.