Thursday 8 December 2011

Makanan Tinggi Kalori

Tidak semua orang menyadari bahwa gula tidak hanya di hasilkan dari gula yang berwujud misalnya gula pasir, gula batu, gula tebu dan lain-lain. Sehingga sering dengan tidak sadar makan makanan yang sebenarnya mengandung tinggi kalori yang membahayakan tubuh. Hal ini tidak bisa di diamkan terus-menerus karena akan bisa membahayakan kesehatan tubuh dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Secara alami jika orang makan akan menghasilkan gula setelah makanan di kunyah, orang yang normal setelah itu akan merubah zat gula menjadi energi sehingga tidak membahayakan tubuh. Berbeda dengan penderita diabetes tidak bisa merubah zat gula menjadi energi yang bermanfaat sehingga gula menumpuk di dalam tubuh yang akan sangat berbahaya.

Sedia payung sebelum hujan, apa salahnya kita mengetahui beberapa makanan yang sesungguhnya sangat tinggi kalori tetapi sering tidak kita sadari. Paling tidak kita semua akan menghindari makanan-makanan ini atau tidak terlalu sering menyantapnya.

Soda atau Minuman Berkarbonat
Jika Anda mengkonsumsi minuman soda atau berkarbonat secara terus-menerus sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Dalam sekaleng minuman soda/karbonat mengandung setidaknya 15 sendok teh gula, 150 kalori, 30 -55 mg kafein dan mengandung zat tambahan lainnya seperti zat pewarna buatan dan zat penambah rasa yang berbahaya.

Gula Putih
Sebuah studi telah mengindikasikan bahwa khususnya kaum wanita masa kini mengkonsumsi gula lebih banyak dibandingkan orang tua mereka 50-60 tahun lalu. Gula ini kebanyakan berasal dari gula putih atau gula pasir yang mengandung kalori tinggi dan hampir tidak mengandung nutrisi. Tidak hanya gula putih yang harus dikonsumsi tak berlebihan, namun juga gula merah, gula tebu (palm sugar), madu, sirup dan sumber gula lainnya.

Bahkan beberapa soda yang berlebel ‘diet soda’ mengandung zat pemanis yang berbahaya seperti aspartame. Bahkan hal tersebut bisa menimbulkan penyakit seperti diabetes, emotional disorders, pengurangan penglihatan, telinga berdenging, kerusakan otak, dan kehilangan ingatan.

French Fries dan Donat
Kedua makanan ini menggunakan proses deep-fried alias digoreng dalam waktu cukup lama. Bahkan sebelum digoreng mereka sudah merupakan gula tak berwujud dan setelah digoreng dengan meresap minyak lebih banyak sehingga membuat tubuh tidak sehat. Donat sendiri mengandung sekitar 200-300 kalori yang sebagian besar adalah gula. Tak heran jika dikatakan bahwa sebuah kentang goreng bisa membuat kesehatan lebih buruk daripada sebatang rokok.

Sereal yang Mengandung Gula
Sereal yang biasanya dikonsumsi untuk makan pagi umumnya mengandung gula yang bisa membuat hari Anda lebih semangat tetapi di sisi lain juga bisa merugikan kesehatan. Sebagai contohnya dalam sekali penyajian sereal bisa mengandung 13 gram gula, 1gram fiber, dan 2 gram protein saja. Oleh karena itu akan lebih baik jika Anda mengganti sarapan pagi dengan semangkok oatmeal atau sereal gandum dengan topping buah-buahan.

Es Krim & Desserts
Kedua makanan ini memang paling susah untuk dihindari. Namun pembuat es krim saat ini umumnya membuat es krim dengan campuran bahan kimia dan dijual dengan kemasan yang menarik konsumen. Semua yang berasal dari hydrogenated oils, sirup jagung yang mengandung fluktuosa tinggi, dan susu kering digunakan untuk membuat es krim. Satu buah es krim bar mengandung sekitar 17 sendok makan gula.

Kue dan permen
Kue dan permen mengandung banyak sekali gula dan kebanyakan dari mereka memiliki kandungan trans fat yang berbahaya. Sekali-sekali menikmatinya tentu boleh saja, namun jika berlebihan tentunya akan membahayakan tubuh. Sebagai alternatif pengganti camilan ini Anda bisa menggantinya dengan buah-buahan kering.

Nah, jadi bisa dibayangkan apa yang terjadi jika Anda mengkonsumsi makanan diatas secara terus-merus? Oleh karena itu paling tidak jika tidak bisa menghindari makanan dan minuman diatas, Anda bisa mengurangi konsumsinya secara perlahan dan menggantinya dengan makanan dan minuman yang lebih sehat tentunya.

sumber