Friday 11 November 2011

4 Penyebab Utama CVT Skutik Berdecit


Ngaspal bareng matic ternyata saat gas kita buka dikit, ternyata timbul suara berdecit di dalam boks CVT. Pastinya ada sebab kenapa ini terjadi. Ini dia sedikit penjabarannya :

Cairan Pengganggu
Keberadaan cairan pengganggu biasanya bisa bikin selip kekuatan penahan gesekan antara belt dan pulley CVT. Bisa jadi cairan pelumas yang nggak sengaja masuk ke bidang area kontak pulley dan belt. Selain itu, gemuk atau grease bisa juga jadi penyebab. Ini terjadi jika penggunaannya terlalu berlebihan sehinnga saat motor dioperasikan, ada gemuk yang menciprati bidang area kontak pulley dan belt. Kehadirannya jelas akan membuat selip proses penarikan belt yang dicekam pulley.

Over Heat Inner CVT
Suhu panas dalam ruang CVT yang tertutup rapat bisa menyebabkan mudah melelehnya gemuk atau grease. Sehingga saat beroperasi akan menciprati area piring pulley (drive dan driven space) sehingga akan mudah menyebabkan selip. Panas perawatan filter. Suhu panas dalam CVT ini seharusnya tidak terjadi jika kondisi filter CVT dalam keadaan bersih selalu. Kurang perawatan, filter CVT akan tertimbun kotoran-kotoran sehingga udara yang masuk dalam CVT berkurang dan menjadi panas.


Salah Pakai Belt Cleaner
Cairan belt cleaner biasanya diaplikasikan untuk belt mobil. Namun terkadan kita piker sama rata sehingga belt matic pun kita semprot dengan belt cleaner. Nah, tergesa-gesa pengen cepet selesei, cover CVT langsung ditutup rapat sementara cairan belt cleaner belum benar-benar kering. Jelas akan langsung mendecit CVT kala dipaksa jalan. Harus bisa membedakan aplikasinya dengan belt mobil karena system belt mobil kan open belt, sementara belt matic close belt.


Kecerobohan Mekanik
Tidak semua mekanik itu benar-benar rapi dalam bekerja. Terkadang ingin cepat-cepat selesei, kecerobohan ditunjukan kala mereka melakukan proses pembongkaran dan perakitan kembali CVT set dengan kondisi tangan penuh oli atau gemuk. Terkadang tanpa sadar, kotoran ini pindah posisi ke area pulley. So, langsung mendecit deh tuh CVT kelar dipasang dan diajak jalan.
Semoga ini bisa bermanfaat bagi anda….

Sumber : Tabloid Ototrend edisi 548