Friday 11 November 2011

Merawat Kabel Choke Jupiter-Z

Bagi motor bebek yang merasa masih menggunakan system choke manual dengan bantuan kabel yang dioperasikan menggunakan media tuas dibawah holder kiri, ada kalanya untuk tetap memperhatiakn jalur kabel terutama kebersihannya. Salah satunya adalah Jupiter-Z atau motor bebek lainnya yang masih menggunakan system choke manual dengan bantuan kabel.

Kerap bikin masalah kalau tuas choke setelah pemakaian dan kondisi di off kan, tapi kabel nggak mau balik. Sehingga piston choke yang ada di karbu jadi aktif dalam mode setengah ngechoke terus, indikasinya mesin mudah mati. Hal ini biasa disebabkan, gerakan tuas choke tak sejalan dengan kabel choke.


Untuk mengatasinya, biasa dimulai dari pemeriksaan kondisi kabel choke. Kondisi kabel choke yang baik, plastic pembungkus selingnya haru ada dan yang macet kerap kali disebabkan plastic pembungkus selingnya sobek. Kalau memang plastic pembungkus selingnya sobek, kondisi darurat cukup berikan pelumas didalam seling, tapi sifatnya hanya sementara dan masih bisa dipakai sampa kurang lebih 1 bulan dan selanjutnya bisa ganti dengan yang baru.

Berikutnya bersihkan pin sebagai poros tuas choke, bersihkan kerak dipermukaan bushing, serta rel alur putaran choke. Dan sebagai pelumasnya bisa memanfaatkan vet tapi pemakaiannya tipis-tipis saja agar tak mudah mengundang kotoran.
Semoga ini bisa bermanfaat bagi anda….

Sumber : Tabloid Ototrend edisi 548