Tuesday 8 November 2011

Metabolisme Lemak

Lemak adalah sekelompok besar molekul-molekul alam yang terdiri atas unsur-unsur karbon, hidrogen, dan oksigen meliputi asam lemak, malam, sterol, vitamin-vitamin yang larut di dalam lemak (contohnya A, D, E, dan K), monogliserida, digliserida, fosfolipid, glikolipid, terpenoid (termasuk di dalamnya getah dan steroid) dan lain-lain. Lemak secara khusus menjadi sebutan bagi minyak hewani pada suhu ruang, lepas dari wujudnya yang padat maupun cair, yang terdapat pada jaringan tubuh yang disebut adiposa.

Pada jaringan adiposa, sel lemak mengeluarkan hormon leptin dan resistin yang berperan dalam sistem kekebalan, hormon sitokina yang berperan dalam komunikasi antar sel. Hormon sitokina yang dihasilkan oleh jaringan adiposa secara khusus disebut hormon adipokina, antara lain kemerin, interleukin-6, plasminogen activator inhibitor-1, retinol binding protein 4 (RBP4), tumor necrosis factor-alpha (TNFα), visfatin, dan hormon metabolik seperti adiponektin dan hormon adipokinetik (Akh).
Lemak yang tidak segera setelah diperlukan setelah absorpsi disimpan oleh tubuh dalam jaringan adipose. Bila diperlukan lemak dikeluarkan dari tempat penyimpanan dalam hati diubah menjadi gliserol dan asam lemak, bentuk yang paling mudah dapat digunakan didalam tubuh. Bila lemak telah dimetabolisme di hati maka akan terdapat ampas berupa zat keton yang hanya terbatas penggunaannya. Kalau banyak dihasilkan dihati maka akan menjadi kalori dalam darah, hal ini terjadi pada waktu kelaparan karena tubuh tidak mempunyai sesuatu untuk digunakan selaindari lemak didalam jaringan adipose.
 Pencernaan
Lipase lambung menghasilkan sedikit hidrolisis lemak. Lipase pancreas dan lipase usus memecah lemak manjadi gliserin dan asam lemak.
 Absorpsi
Gliserin dan asam lemak oleh lacteal disalurkan ke duktus masuk kealiran darah, kemudian dialirkan ke setiap jaringan tubuh. Hati membantu mengoksidasi lemak dan mempersiapkan untuk simpanan dijaringan, lemak dioksidasi untuk member panas dan tenaga serta lemak yang disimpan mengandung vitamin A dan B. produksi buangan hasil pembakaran lemak dalam jaringan diekskresikan oleh paru-paru dalam bentuk air dan karbondioksida dan melalui kulit dalam bentuk keringat. Ginjal dalam bentuk air seni. Jalan pencernaan dalam bnetuk feses.
 Fungsi Lemak
Secara umum dapat dikatakan bahwa lemak memenuhi fungsi dasar bagi manusia, yaitu:
1. Menjadi cadangan energi dalam bentuk sel lemak. 1 gram lemak menghasilkan 39.06 kjoule atau 9,3 kcal.
2. Lemak mempunyai fungsi selular dan komponen struktural pada membran sel yang berkaitan dengan karbohidrat dan protein demi menjalankan aliran air, ion dan molekul lain, keluar dan masuk ke dalam sel.
3. Menopang fungsi senyawa organik sebagai penghantar sinyal, seperti pada prostaglandin dan steroid hormon dan kelenjar empedu.
4. Menjadi suspensi bagi vitamin A, D, E dan K yang berguna untuk proses biologis
5. Berfungsi sebagai penahan goncangan demi melindungi organ vital dan melindungi tubuh dari suhu luar yang kurang bersahabat.
Lemak juga merupakan sarana sirkulasi energi di dalam tubuh dan komponen utama yang membentuk membran semua jenis sel.

DOWNLOAD: untuk download file lebih lengkap lengkap tentang Metabolisme berupa .doc klik disini